is-2023_horizontal-white_new
September 25-26, 2024 The Wynn Las Vegas, NV More information

Philbert Shih on Jakarta Data Centre Market

  • January 11, 2021

Source: KOMPAS:com

DCI Indonesia: Ekonomi Digital di Indonesia Tumbuh Eksponensial

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan penyedia layanan data center, PT DCI Indonesia mencatat, saat ini Indonesia sudah memasuki posisi teratas sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. Secara tahunan, pertumbuhan jumlah pengguna internet mencapai 20 persen, setara dengan 29 juta pengguna baru, di dua tahun terakhir. Riset Google, Temasek dan Bain & Company mencatat, nilai pasarnya diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi 309 miliar dollar AS pada tahun 2025, didorong oleh kebangkitan e-commerce, ride-hailing dan game online.

“Untuk mewujudkan potensi miliaran dolar ini, Indonesia perlu mempercepat pembangunan infrastruktur digital yang kuat baik untuk sektor publik maupun swasta,” jelas Philbert Shih, Managing Director Structure Research dalam virtual konferensi, Selasa (15/12/2020) Philbert mengungkapkan, ekonomi digital yang tumbuh secara eksponensial, serta digitalisasi bisnis di tengah Covid-19, telah mendorong permintaan terhadap fasilitas data center hyperscale di Indonesia akhir-akhir ini. Dalam kesempatan itu, DCI Indonesia secara resmi menyelesaikan pembangunan tahap akhir gedung data center JK5 dengan kapasitas 15 Megawatts (MW).

Ini merupkan gedung keempat pada fasilitas data center campus dengan luasan 8,5 hektar di area Cibitung. “DCI Indonesia terus melakukan pembangunan gedung data center secara berkelanjutan dan di kuartal pertama tahun 2021, DCI akan mengoperasikan empat gedung data center dengan total kapasitas sebesar 37 MW untuk pasar di Indonesia,” kata Philbert.

Back to Results